Inna

Master student at Seoul National University, TOPIK 6
IELTS 7.5

“While teaching we learn more” -Inna-

 

안녕하세요!

Perkenalkan nama saya Inna Yusnila Khairani, atau biasa disapa Inna. Saya merupakan mahasiswa program Master di Seoul National University melalui Program Korean Government Scholarship. Saya mulai bergabung dengan British English Class (BEC) sebelum berangkat ke Korea sebagai pengajar Bahasa Inggris, dan sekarang saya juga merupakan guru pengajar Bahasa Korea J

Kalau kalian baca di kalimat pertama yang saya tulis, kalian akan menemukan tulisan dengan huruf Hangeul. Jika kalian pecinta drama korea atau lagu-lagu korea, pasti ngga asing dengan kalimat di atas, kan? Buat yang baru mulai belajar Bahasa Korea, kalimat di atas merupakan sapaan umum jika bertemu dengan seseorang (안녕하세요, dibaca: an-nyeong-ha-se-yo). Kata ini merupakan kata dasar banget kalau kalian tinggal di Korea, karena rata-rata kita menyapa orang dengan kata ini. Mungkin kalau di Bahasa Indonesia, dia setara dengan “Halo!”.

Jika kalian tertarik belajar lebih dalam tentang Korea, kalian akan menemukan lebih banyak lagi cara untuk menyapa seseorang karena Bahasa Korea punya semacam ‘strata’ untuk menunjukkan tingkat kesopanan. Jadi ngga cuma annyeonghaseyo, kalian akan menemukan annyeong dan annyeonghasibnikka juga. Terlihat ribet? Jangan salah! Untuk mengubah tingkat kesopanan itu, kita biasanya hanya perlu menambah akhiran di belakang. Bayangkan seperti Bahasa inggris ketika kita ingin menuliskan kata kerja yang sedang kita lakukan, maka kita akan menambahkan –ing di belakang. Mudah, kan? Selain itu, bahasa Korea itu termasuk mudah dipelajari karena kita ngga perlu menghafal karakter seperti Bahasa Mandarin atau Bahasa Jepang. Jadi banyak banget orang Indonesia yang baru belajar Bahasa korea 6 bulan aja udah bisa lulus TOPIK 5, padahal syarat kalau mau kerja di Korea rata-rata adalah punya TOPIK 4! Oke kan? J

Kunci dari belajar Bahasa Korea (dan Bahasa-bahasa lainnya) yang paling penting adalah motivasi, ketekunan, dan rasa tertarik terhadap Bahasa yg akan kalian pelajari. Kalau 3 itu sudah ada, dijamin lancar belajarnya. Ups, jangan lupa, guru juga penting banget dalam pembelajaran Bahasa karena guru kalian bisa mengevaluasi pengucapan dan penulisan kalian supaya kalian tahu di bagian mana kalian bisa memperbaiki penggunaan Bahasa Korea kalian. Dan BEC merupakan tempat yg tepat untuk menemukan guru Bahasa Korea karena kalian bisa belajar secara online, jadi waktunya sangat fleksible dan ngga perlu repot-repot keluar rumah J Jadi tunggu apalagi? Yuk daftar kelas Bahasa Korea di BEC!

Kurikulum Kelas Korea Level Dasar

Pendahuluan (Pertemuan 1 @60 menit)

  1. Perkenalan
  2. Target yang ingin dicapai
  3. Kontrak antara siswa dengan guru
  4. Penentuan jadwal kelas
  5. Test kemampuan apabila sudah bisa Bahasa korea

Alfabet (Pertemuan 2-5 @60 menit)

  1. Pengucapan alphabet
  2. Cara menulis alphabet
  3. Cara menggabungkan alphabet untuk membentuk kata
  4. Membaca kata-kata sederhana
  5. Menulis kata-kata sederhana

Nb. Kelas alphabet dapat dilewati secara langsung apabila siswa sudah lancar membaca dan menulis Hangeul. Apabila diperlukan, pertemuan 6-7 bisa digunakan untuk mempelajari alphabet, karena alphabet sangat penting dalam pembelajaran Bahasa Korea.

Bab 1. Sapaan / Greetings (인사) Yonsei Korean Textbook 1-1 (Pertemuan 6-7 @60 menit)

  1. Mendengarkan percakapan
  2. Mengulang percapakan bersama guru
  3. Mempelajari kata-kata baru dari sapaan
  4. Mempelajari grammar dasar
  5. Mengerjakan tugas dan menentukan pekerjaan rumah (PR)

Bab 2. Sekolah dan Rumah / School and Houses (학교와 집) Yonsei Korean Textbook 1-1 (Pertemuan 8-9 @60 menit)

  1. Mereview PR
  2. Mendengarkan percakapan
  3. Mengulang percapakan bersama guru
  4. Mempelajari kata-kata baru dari sapaan
  5. Mempelajari grammar dasar
  6. Mengerjakan tugas dan menentukan PR

Bab 2. Teman dan Keluarga / Friends and Family (가족과 친구) Yonsei Korean Textbook 1-1 (Pertemuan 10-11 @60 menit)

  1. Mereview PR
  2. Mendengarkan percakapan
  3. Mengulang percapakan bersama guru
  4. Mempelajari kata-kata baru dari sapaan
  5. Mempelajari grammar dasar
  6. Mengerjakan tugas dan menentukan PR

Penutup dan Review (Pertemuan 12 @60 menit)

  1. Mengulang pelajaran Bahasa korea dari pertemuan pertama hingga terakhir
  2. Setor hafalan kata (jika siswa bersedia)
  3. Sesi tanya jawab siswa ke guru
  4. Penutup

Nb. Jika siswa sudah mengenal alphabet korea, maka bahasan akan dilanjutkan ke topik berikutnya sesuai dengan buku Yonsei. Topik berikutnya: Makanan (Food/음식) dan Kegiatan sehari-hari (Daily Routines/하루 생활).

[Total: 0    Average: 0/5]

One thought on “Inna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.
WhatsApp chat