Rima

Master Degree In English Education From Widya Mandala Catholic University
TOEFL 587

Hi folks! I’m Rima. My teaching philosophy is “My students are my mirrors”. Students help teachers to improve the effectiveness of learning process. Therefore, if my teaching strategies do not seem to be effective, I will actively gain feedback from my students and find better strategies to reach an optimal learning result.

Now, let me tell you a little bit about my educational background and teaching experience. In 2017, I earned my master’s degree in English education from Widya Mandala Catholic University. I’ve been teaching English for 8 years to different levels of learners. I spent 4 years teaching English in an international school as well as being an English language trainer for other teachers. So, I enjoy teaching English to children, teenagers as well as adults. I was also one of the speakers in Asia TEFL 2017 international conference and my e-proceeding was selected by the committee to be published internationally among hundreds of candidates all over the world.

So, join this program! And Miss Rima will sincerely help you increase your English proficiency.

Time Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sunday
07.00
08.00
09.00
10.00
11.00
12.00
13.00
14.00
15.00
16.00
17.00
18.00
19.00 Available Available Available
20.00
21.00
22.00

Membuat Sebuah Riset Sederhana

Menentukan topik adalah hal pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan riset. Tapi seringkali kita terjebak terlalu lama di fase ini, karena kita kesulitan untuk memperkecil sebuah topik yang luas menjadi judul yang spesifik. Solusi yang paling ampuh adalah membaca sebanyak-banyak nya supaya kita mendapat gambaran judul-judul apa saja yang layak diangkat sebagai riset. Setelah mendapatkan judul yang spesifik, langkah selanjutnya adalah menentukan tujuan dari riset tersebut, atau apa yang ingin dicari. Setelah tujuan ini jelas, yang tidak kalah penting adalah memastikan bahwa kita memiliki akses ke partisipan atau subyek riset kita. Kita boleh idealis, tapi juga harus realistis. Saat membuat riset, kita juga harus mengestimasi berapa lama riset tersebut akan dilakukan.

Saat kita tahu apa tujuan dari riset kita, maka langkah selanjutnya adalah menyusun pertanyaan-pertanyaan riset. Data yang kita peroleh dari hasil riset, harus bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan ini. Dari sini, kita sudah mempunyai gambaran apakah kita akan melakukan quantitatif riset, qualitatif riset, atau justru gabungan dari keduanya. Template atau format jurnal bisa kita dapatkan dengan mendownload jurnal-jurnal dari internet. Dengan membaca banyak referensi, maka kita akan mendapat gambaran seperti apa nantinya riset kita. Banyak riset-riset yang diadaptasi dari riset-riset sebelumnya, tapi kita wajib mencantumkan nama si pengarang saat kita mengutip pernyataannya atau hasil penelitiannya.

Dosen saya pernah bilang bahwa hal yang paling mudah dalam menentukan topik dan judul adalah dengan melihat kembali pekerjaan kita dan mencari masalah-masalah yang sering timbul. Contohnya, mengapa banyak anak Indonesia di sekolah berbasis “internasional” lebih pintar bahasa Inggris daripada bahasa Indonesia. Setelah menemukan masalah, kita bisa mencari topik yang sesuai. Salah satu kunci kesuksesan sebuah riset adalah dengan membaca jurnal sebanyak-banyaknya, semakin banyak membaca, semakin banyak ide yang muncul dan semakin mudah pula kita menyusun judul dan tujuan riset tersebut.

[Total: 0    Average: 0/5]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.
WhatsApp chat