Bahasa Merupakan Sebuah Proses

By Dwi 

Bahasa Inggris sebagai mata pelajaran di sekolah adalah hal yang sudah biasa kita temui bahkan sejak pendidikan anak usia dini (PAUD). Namun, jika kita masih sering mendengar ungkapan seperti ini “Ah, perasaan belajar bahasa Inggris dari SD sampai SMA nggak lancar-lancar juga?” atau “aduh bingung ngomongnya gimana cuma tau tulisannya aja” sebaiknya kita lakukan sedikit flashback, apakah yang kita lakukan selama ini adalah belajar dalam arti yang sesungguhnya?

Belajar sebuah bahasa merupakan sebuah proses yang memuat aspek menulis, berbicara dan membaca sehingga yang mulanya merupakan proses belajar dapat menjadi suatu kebiasaan yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Durasi proses belajar untuk menguasai bahasa Inggris relatif berbeda antara satu dengan yang lainnya. Sebelumnya, kita patut bertanya Apakah selama “belajar” bahasa Inggris kita sudah menerapkan ketiga aspek tersebut?

 Untuk belajar bahasa Inggris, dibutuhkan kemauan dan usaha. Selain kedua hal tersebut, trick juga sangat membantu dalam proses belajar terutama dalam menghafal kosa kata bahasa Inggris, misalnya begini:

Distribute (verb) – Distributor (person noun) – Distribution (activity noun)

Decide (verb) – Decision maker (person noun) – Decision making (activity noun)

Jika dalam satu hari kita menemukan 5 verb berarti dalam hari itu juga kita dapat mengetahui 15 kosa kata baru! Dari mana kita mengetahui banyak verb baru? Tentu saja dengan berkomunikasi dengan orang lain. Ada banyak jalan untuk melakukan komunikasi saat ini, tidak harus bertatap muka, melalui handphone saja sudah cukup. Misalnya dalam kelas yang ditawarkan BritishEnglishClass, ada kelas bisnis dimana kelas ini memfasilitasi kita banyak sesi chatting sehingga dalam tersebut kita dapat mengasah kemampuan merangkai dan menambah kosa kata.

Selain kemampuan menulis, berbicara merupakan hal yang mungkin sangat menantang untuk dilakukan, Kenapa? karena sebagian besar orang yang sedang belajar bahasa Inggris malu atau tidak punya teman untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, karena ketika hendak bercakap dalam bahasa Inggris ada saja orang yang akan menatap aneh atau bahkan memberikan komentar yang tidak menyenangkan. Maka dari itu, kelas di dalam BritishEnglishClass sangat mengakomodasi kebutuhan murid. Untuk murid yang masih malu bertatap muka, dapat menggunakan voice notes atau WA call. Adanya sesi ini membuat murid lebih nyaman dalam usahanya untuk belajar berbicara bahasa Inggris. Kemudian, ketika murid sudah mendapatkan kepercayaan diri untuk bertatap muka, ia bisa mengikuti kelas video call. Kelas tersebut sangat bagus untuk membiasakan agar tidak panik ketika bertatap muka dan berbicara dalam bahasa Inggris. Jadi, belajarlah bahasa Inggris secara keseluruhan, walaupun perlahan-lahan kalau hasilnya pasti bisa menguasai, kenapa tidak dicoba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat