Kunci Keberhasilan Menguasai Bahasa Inggris

Oleh Ms. Riani 

Di antara pertanyaan yang sering dilontarkan seputar pembelajaran Bahasa Inggris adalah “Berapa lama waktu yang dibutuhkan hingga lancar berbahasa Inggris?”, “Bagaimana cara menghafal kosakata dan rumus grammar? Terkadang sudah hafal tetapi cepat lupanya”, dan “Saya sudah belajar Bahasa Inggris dari SD hingga tamat sekolah, kok tidak lancar-lancar?”. Kemudian, rasa penasaran seperti ini semakin bertambah dengan adanya konsep belajar online seperti yang ditawarkan Britishenglishclass (BEC): “Berapa lama waktu yang dibutuhkan hingga lancar berbahasa Inggris melalui pembelajaran online?”, “Apakah belajar online ampuh untuk mempelajari suatu bahasa?”—meskipun banyak juga yang langsung mencoba metode online ini karena tidak memiliki banyak waktu untuk mengambil kelas tatap muka. Pertanyaan-pertanyaan itulah yang saya bahas dalam artikel ini.

Memang, mempelajari bahasa baru khususnya Bahasa Inggris bukanlah hal yang mudah, apalagi di tengah kesibukan yang membuat kita sulit mengatur waktu untuk menghafal, berlatih, atau membaca materi-materi seputar bahasa tersebut. Akan tetapi, bukan berarti hal itu tidak dapat dilakukan. Sebagai seorang pengajar di BEC, saya sangat mengapresiasi keinginan para murid untuk dapat menguasai Bahasa Inggris meskipun sering kali belajar di tengah jam kerja. Selain itu, walaupun sulit untuk fokus pada pembelajaran, mereka tetap sabar dan rajin mengikuti pertemuan yang sudah dijadwalkan.

Ya, itulah kunci untuk lancar berbahasa Inggris, khususnya melalui pembelajaran online, sabar dan rajin. Meskipun tidak banyak waktu yang dapat diluangkan untuk belajar dalam sehari, jumlah jam dan pertemuan yang telah dijadwalkan di BEC sudah cukup untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris kita. Dengan jumlah 12, 20, atau 24 pertemuan dalam sebulan yang terdiri dari satu jam sesi chatting dan tiga puluh menit sesi speaking, seorang murid sudah dapat terstimulasi untuk menggunakan Bahasa Inggris setiap harinya. “Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit”, itulah yang saya coba katakan di sini. Sebagai seorang alumni jurusan Sastra Inggris, saya merasakan betul proses untuk dapat berbahasa Inggris melalui metode tatap muka. Dalam seminggu, saya hanya memiliki satu jadwal kelas grammar, sehingga untuk menguasai seluruh tenses, misalnya, saya membutuhkan waktu dua bulan. Jika dibandingkan dengan kelas online yang hanya menggunakan waktu satu jam atau tiga puluh menit tetapi dilakukan hampir setiap hari, mempelajari tenses dapat lebih cepat dari waktu dua bulan tersebut asalkan seluruh pertemuan diikuti. Akan tetapi, hal ini bergantung juga pada cepat atau lambatnya murid dalam menerima materi. Jika sebulan dirasa belum cukup untuk menguasai pelajaran, jangan menyerah untuk terus lanjut di bulan berikutnya. Sekali lagi, sabarlah dalam mengikuti proses pembelajaran.

Hal kedua yang penting diperhatikan ketika mempelajari Bahasa Inggris, khususnya belajar di kelas online, adalah terbuka pada guru yang mengajar karena hanya kita yang dapat merasakan kesulitan-kesulitan yang dialami saat mempelajari suatu materi. Di BEC, setiap guru menyesuaikan metode ajarnya dengan kebutuhan murid. Dengan begitu, murid tidak perlu merasa khawatir dan terbebani apabila tidak dapat mengikuti kelas atau kesulitan memahami materi. Katakanlah dengan jujur semua yang dirasakan ketika melalui proses pembelajaran. Guru akan segera mengganti jadwal atau mengganti kelas yang tidak dapat diikuti murid serta mencari metode lain yang dirasa lebih mudah dipahami oleh murid. Selain itu, anggaplah guru sebagai seorang teman belajar, bukan sebagai orang yang lebih pintar.

Di sisi lain, mengenai cara untuk menghafal kosakata dan rumus grammar, lalu mengenai penyebab sulitnya menguasai Bahasa Inggris padahal telah bertahun-tahun belajar, jawaban tentang hal itu berkaitan dengan praktik Bahasa Inggris itu sendiri dalam keseharian. Seseorang yang mengetahui jutaan kosakata dan menguasai struktur Bahasa Inggris dengan sangat baik di satu waktu, belum tentu akan mengingat seluruh hal tersebut di waktu lain apabila tidak pernah menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, rutin berbahasa Inggris adalah kuncinya. Kegiatan yang dapat dilakukan adalah dengan menulis dan berbicara dalam Bahasa Inggris, dan sekali lagi, metode pembelajaran di BEC sudah cukup membuat murid rutin berbahasa Inggris karena kelas diadakan hampir setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat