10 Manfaat Belajar Bahasa Asing

Belajar bahasa asing memungkinkan menjembatani hambatan sosial. Seseorang dapat menikmati manfaat sosial dan ekonomi, serta manfaat kesehatan mental dari belajar bahasa asing. Inilah beberapa alasan mengapa Anda harus belajar bahasa asing.

 

1. Belajar Bahasa Asing Meningkatkan Kinerja Otak.
Bahasa asing memiliki sistem baru dengan aturan, etimologi, dan makna yang berbeda, hal tersebut merupakan sedikit dari kompleksitas sebuah bahasa. Mempelajari basaha asing membuat otak untuk melakukan tugas dalam mengenali struktur bahasa baru. Ketika otak bekerja mempelajari bahasa baru ini dalam memahami makna dan menggunakan kalimat-kalimat ini berdampak pula pada peningkatan keterampilan dalam membaca, bernegosiasi, dan memecahkan masalah.

2. Kemampuan Untuk Melakukan Multi-Tasking Berkembang
Multi-tasking adalah pekerjaan yang membuat seseorang stres bagi mereka yang tidak biasa dalam melakukannya. Orang-orang yang multibahasa mahir mengganti dari satu sistem bahasa ke struktur bahasa lain yang sama sekali berbeda. Ini adalah pekerjaan yang sangat mengganggu dan menuntut, tidak hanya untuk kemampuan bahasa  tetapi terutama untuk otak. Orang-orang yang telah mengembangkan ini adalah multi-tasker yang sangat mahir dan melakukan kesalahan yang sangat minim ketika mengerjakan berbagai aktivitas secara bersamaan.

3. Menghentikan Terjadinya Serangan Demensia Dan Alzheimer


Dengan faktor-faktor lain yang dianggap konstan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang menguasai multibahasa mengalami serangan  Alzheimer dan demensia pada usia 75 tahun ke bawah dibandingkan dengan orang dewasa yang monolingual memiliki tanda-tanda pertama pada usia 71. Penelitian dilakukan dengan variabel lain seperti jenis kelamin, secara keseluruhan kesehatan, tingkat pendidikan, dan status ekonomi, tetapi tidak ada hasil signifikan yang berkontribusi pada penyakit yang disebutkan secara signifikan seperti jumlah bahasa yang diucapkan.

4. Meningkatkan Memori
Semakin banyak otak digunakan, semakin baik fungsi-fungsinya bekerja. Mempelajari struktur bahasa baru memerlukan membiasakan diri dengan kosakata dan aturan, dan menerapkan informasi yang dihafalkan ini ke dalam komunikasi. Ini memperkuat memori karena otak telah membangun kemampuannya untuk menghubungkan informasi dengan mnemonik dan menyimpan informasi dengan lebih baik. Oleh karena itu, orang multibahasa memiliki otak yang lebih terlatih dan cepat untuk mengingat nama, arah, daftar belanja.

5. Pikiran Menjadi Lebih Tajam.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Spanyol menunjukkan bahwa polyglot, atau orang multibahasa, memiliki pikiran yang waspada dan tajam. Mereka dengan mudah melihat apa saja yang tidak relevan atau menipu. Penelitian dilakukan membandingkan subyek multibahasa dan monolingual; dan yang pertama memiliki keunggulan. Disiplin yang mereka kembangkan dalam mempelajari subjek yang tidak diketahui telah membentuk mereka untuk menjadi lebih perseptif. Dengan demikian, mereka belajar menjadi pemikir kritis.

6.  Membuat Seseorang Lebih Fleksibel Dan Terbuka Terhadap Budaya Lain.  Karena bahasa adalah pintu bagi budaya tertentu, mempelajari bahasa baru memungkinkan seseorang untuk memiliki pemahaman yang lebih luas tentang ras atau budaya tersebut. Membuka diri pada budaya memungkinkan Anda untuk lebih fleksibel dan menghargai cara-cara lain dalam melakukan dan melihat sesuatu. Akibatnya, jika Anda multibahasa, Anda memiliki keuntungan melihat dunia dari sudut pandang yang berbeda. Dalam dunia saat ini yang saling keterkaitan, ini adalah alat yang berharga.

7. Kemampuan Berbahasa Asing Memperluas Potensi Karir.

Dengan masalah pengangguran, kemampuan multibahasa jelas merupakan keunggulan kompetitif dibandingkan yang lain. Ini adalah kemampuan yang menceritakan kecerdasan, keluwesan, keterbukaan seseorang kepada beragam orang, dan keterampilan membuat keputusan. Dan ini hanyalah bonus bagi kemampuan nyata untuk berkomunikasi dalam beberapa bahasa dan hambatan lintas budaya.

8.  Mengusai Banyak Bahasa Meningkatkan Rasa Pecaya Diri
Percaya diri adalah konsekuensi alami setelah menjumlahkan semua manfaat dari belajar bahasa baru. Dengan hanya menguasai satu keterampilan, fakultas lain dikembangkan. Orang cenderung tertarik di sekitar orang multibahasa karena keterampilan mereka; orang lain menganggap para polyglots adalah seseorang yang berpikiran terbuka dan menarik secara alami.

9.  Membantu Dalam Penemuan Jati Diri Dan Aktualisasi Diri.


Ini adalah dampak yang menarik dari belajar bahasa asing, bukan sesuatu yang Anda harapkan ketika memulai mempelajari bahasa baru. Tetapi mencoba memahami bahasa dan warisan yang menyertainya akan menempatkan Anda pada posisi penemuan diri. Itu membuat Anda memahami bagaimana Anda memandang dunia dan budaya lain, dan lebih menghargai Anda sendiri. Pada akhirnya, Anda juga harus berdamai dengan diri Anda sendiri.

 

12 Benefits of Learning a Foreign Language

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Facebook
Google+
http://www.britishenglishclass.com/blog/2018/06/29/10-manfaat-belajar-bahasa-asing
Twitter
Instagram
WhatsApp chat