8 Tips Yang Harus Anda Lakukan Agar Berbicara Seperti Native

Belajar bahasa asing adalah keterampilan yang perlu dipraktekan seperti berenang, mengemudi atau mengendarai sepeda. Satu-satunya cara seseorang bisa mahir berbahasa Inggris adalah benar-benar terus berbicara! Dikatakan bahwa metode terbaik untuk menjadi penulis yang baik adalah terus menulis. Demikian pula, cara ideal untuk berbicara bahasa Inggris atau berbicara seperti penutur asli adalah terus berbicara dengan aksen dan tata bahasa yang benar.

ADA 8 TIPS YANG DAPAT ANDA COBA SEHINGGA DAPAT BERBICARA SEPERTI SEPERTI NATIVE

1.      Kembangkan Rasa Memiliki Bahasa Tersebut

Motivation, Repetition and Exposure – ketiganya menjadi peran utama dalam peningkatan kemampuan. Ingat frase dan ekspresi native dengan mengulanginya dan menggunakannya dalam komunikasi Anda sehari-hari. Cobalah untuk tetap berhubungan dengan orang asing. Berbicara lebih banyak kepada mereka akan merusak kutukan dan membuat Anda terbiasa dengan diksi, modulasi, intonasi, dan yang terpenting budaya dan tradisi.

2.      Mengingat Kosakata

Kita dapat mengingat kata, frasa, dan ungkapan dengan mudah berdasarkan konteksnya. Otak manusia memiliki dua jenis memori – Ingatan jangka pendek atau Short term memory (STM) dan memori jangka panjang atau Long Term Memory (LTM). Biarkan idiom dan slang native disimpan dalam ingatan jangka panjang Anda dengan praktik yang konsisten. Seseorang dapat berbicara seperti orang asing ketika aksen ditiru oleh pengamatan. Pembelajaran bahasa secara kontekstual adalah teknik terbaik.

3.      Manfaatkan Teknologi Dengan Baik

Manfaatkan smartphone Anda untuk merekam aksen, frasa, dan ekspresi yang Anda ucapkan. Coba putar dan ulang kembali ekaman tersebut dan bandingkan dengan suara aslinya. Tonton video dengan tutor asli. Tonton film dan lagu berbahasa Inggris. Ritme, musik, lirik, kata-kata dan tune bisa sangat bermanfaat untuk mendapatkan aksen penutur asli dan gaya interaksi.

4.      Berbicara Dengan Idiom

Penutur asli menggunakan banyak idiom dan frasa dalam komunikasi lisan mereka. Idiom tidak masuk akal ketika dipahami secara harfiah. Beberapa contoh idiom yang sering digunakan adalah “in the blink of an eye (“very fast”) yang memiliki arti sangat cepat atau or it’s a piece of cake (“easy”) yang berarti sangat mudah. Penggunaan idiom dalam bahasa Inggris Anda akan membuat Anda terdengar seperti native.

5.      Berlatih Intonasi Dalam Berbicara

Agar terdengar lebih seperti penutur bahasa Inggris asli, apa yang Anda katakan sama pentingnya dengan cara Anda mengatakannya. Meningkatkan kecepatan, kejelasan, dan intonasi tekanan kata pada kata akan sangat membantu dalam meningkatkan kefasihan Anda dan membantu penutur asli untuk lebih memahami Anda.

  1. Membaca dengan Suara Keras Dengan Mencontoh Native Bicara

Membaca dengan keras adalah cara yang bagus untuk melatih kejelasan pelafalan Anda. Jika Anda sudah  menghabiskan cukup banyak waktu untuk mendengarkan suara native speaker maka cobalah meniru cara mereka berbicara. Biarkan intonasi suara Anda naik dan turun secara alami.

  1. Gunakan Kata Slang Dalam Percakapan

Setiap Negara yang berbicara dalam bahasa Inggris mempunyai kata slang nya masing-masing. Namun, ada beberapa contoh slang yang digunakan oleh banyak penutur bahasa Inggris, Misalnya: Wanna (mau), Gonna (pergi ke), Hang out (menghabiskan waktu bersama). Dalam percakapan informal  seorang penutur asli akan mengatakan ” Do you wanna hang out?” dibandingkan ” Do you want to spend some time together?” ” Jika kemarin Anda telah pergi bersama seseorang, maka keesokan harinya teman Anda mungkin berkata, ” We had a blast yesterday..” Itu berarti dia senang dengan acara kemarin. Tetapi jika dia mengatakan kepada orang lain bahwa ” you drove him/her up the wall,” itu berarti dia merasa terganggu oleh Anda.

  1. Praktek, Praktek, Praktek

Selamat mencoba. Saatnya berlatih, cobalah berbicara dengan cara aksen native dengan percaya diri. Semoga sukses!

 

Authored by Philip Sunil Solomon, ELT expert, language trainer, currently working in English and Foreign Languages University (EFLU), Hyderabad. Author of books — ‘Objective General English’ and ‘Word Power: Vocabulary Builder’, published by Oxford University Press.

 https://www.indiatoday.in/education-today/grammar-vocabulary/story/tips-to-speak-like-native-english-1099783-2017-12-04

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Facebook
Google+
http://www.britishenglishclass.com/blog/2018/06/28/8-tips-yang-harus-anda-lakukan-agar-berbicara-seperti-native
Twitter
Instagram
WhatsApp chat