10 Website Popular Untuk Belajar Online

Belajar keterampilan dan cari pengetahuan baru dari  Web Online Leanring

Beberapa tahun silam jika ingin belajar maka kita harus pergi ke sekolah. Sekarang, banyak Lembaga pendidikan yang menawarkan pendidikan online dengan beragam program. Bahkan banyak pula para professional yang membuat materi untuk dipelajari secara online untuk berbagi pengetahuan kepada pemirsa di seluruh dunia.

Baik lembaga pendidikan dan profesional individu yang ingin menawarkan kursus online mereka perlu website atau wadah untuk orang-orang yang ingin belajar untuk dapat mengaksesnya, itulah sebabnya saat ini banyak platform yang menawarkan kusus online. Beberapa platfon fokus pada ceruk yang lebih ketat seperti teknologi, bahasa, dll. Namum kebanyakan website online memberikan kursus dalam berbagai bidang.

Apa pun yang Anda minati, Anda hampir pasti dapat menemukan kursus dari situs kursus pendidikan yang tercantum di bawah ini. Dari tingkat pemula sampai ke tingkat menengah dan lanjutan, setiap orang bisa belajar sesuai ketertarikannya.

01 Udemy

Udemy adalah situs pendidikan online yang menempati urutan teratas daftar ini karena memiliki materi  yang sangat populer dan berharga. Anda dapat mencari lebih dari 55.000 kursus dalam berbagai topik dan mengunduh aplikasi Udemy untuk mempercepat proses belajar bahkan ketika sedang bepergian.

Kursus Udemy tidak gratis, tetapi mereka mulai dari $ 12 atau Rp140.000an. Jika Anda seorang ahli yang ingin membuat dan meluncurkan kursus Anda sendiri, Anda juga dapat menjadi instruktur dengan Udemy dan memanfaatkan basis pengguna mereka yang sangat besar untuk menarik siswa.

02 Cousera

Jika Anda ingin mengambil mata kuliah dari lebih dari 140 universitas dan organisasi top dunia, maka Coursera cocok untuk Anda. Coursera telah bermitra dengan Universitas Pennsylvania, Universitas Stanford, Universitas Michigan dan lainnya untuk menawarkan akses universal ke pendidikan terbaik dunia.

Anda dapat menemukan lebih dari 2.000 program berbayar dan tidak berbayar di lebih dari 180 bidang yang berkaitan dengan ilmu komputer, bisnis, ilmu sosial dan banyak lagi. Coursera juga memiliki aplikasi seluler sehingga Anda dapat belajar dengan darimana saja.

03 Lynda

Dimiliki oleh LinkedIn, Lynda adalah pusat pendidikan populer bagi para profesional yang ingin mempelajari keterampilan baru yang terkait dengan bisnis, kreativitas, dan teknologi. Kursus termasuk dalam kategori seperti animasi, audio / musik, bisnis, desain, pengembangan, pemasaran, fotografi, video, dan lainnya.

Ketika Anda mendaftar dengan Lynda, Anda mendapatkan uji coba gratis selama 30 hari. Setelah itu Anda akan dikenakan biaya $ 20 per bulan atau sekitar 280ribu rupiah untuk keanggotaan dasar atau $ 30 atau 400ribuan untuk keanggotaan premium. Jika Anda ingin menonaktifkan keanggotaan Anda dan kemudian kembali lagi di lain waktu, Lynda memiliki fitur “aktifkan ulang” yang memulihkan semua informasi akun Anda termasuk semua riwayat dan kemajuan kursus Anda.

04 Open Culture 

Jika Anda sedang berhemat tapi masih mencari konten pendidikan berkualitas tinggi, coba cek Open Culture, ada 1.300 jenis kursus dengan lebih dari 45.000 jam kuliah audio dan video yang benar-benar gratis. Namun, Anda harus memilih kursus dengan jeli mana yang sesuai ketertarikan Anda karena ada banyak sekali link yang tertera.

Bagusnya semuanya diatur berdasarkan kategori dalam urutan abjad. Banyak kursus yang tersedia di Open Culture berasal dari institusi terkemuka dari seluruh dunia termasuk Yale, Stanford, MIT, Harvard, Berkley dan lain-lain. Audiobook, ebooks, dan program sertifikat juga tersedia.

05 edX 


Sama dengan Coursera, edX menawarkan akses ke pendidikan tinggi dari lebih dari 90 institusi pendidikan terkemuka di dunia termasuk Harvard, MIT, Berkley, Universitas Maryland, Universitas Queensland, dan lain-lain.

Temukan mata kuliah di bidang ilmu komputer, bahasa, psikologi, teknik, biologi, pemasaran, atau bidang lain yang Anda minati. Anda akan menerima sertifikat resmi dari institusi yang memberikan kursus dan ditandatangani oleh instruktur untuk memverifikasi pencapaian Anda.

06 Tuts + 

Envato’s Tuts + cocok untuk mereka yang bekerja dan bermain dalam teknologi kreatif. Selain memiliki banyak kategori tentang tutorial cara belajar, kursus tersedia untuk belajar desain, ilustrasi, kode, desain web, fotografi, video, bisnis, musik, audio, animasi 3D, dan grafik gerak.

Tuts + memiliki lebih dari 22.000 tutorial dan lebih dari 870 program video, dengan program baru yang ditambahkan setiap minggu. Sayangnya, tidak ada percobaan gratis, tetapi keanggotaannya terjangkau hanya $ 29 per bulan atau sekitar dari 350ribu.

07 Udacity  

Didedikasikan untuk membuat pendidikan menjadi lebih terjangkau dan efektif, Udacity menawarkan kursus online dan kredensial yang mengajarkan kepada para siswa keterampilan yang saat ini diminati oleh perusahaan industri.

Ini adalah platform yang sangat baik untuk diperhatikan jika Anda berencana bekerja dalam industry teknologi. Dengan kursus dan kredensial di Android, iOS, ilmu data, software engineering and web development, Anda dapat mengakses pengetahuan muktahir di bidang inovatif yang relevan dengan perusahaan teknologi dan startup saat ini.

08 Alison 

Dengan 10 juta siswa dari seluruh dunia, ALISON adalah sumber pembelajaran online yang menawarkan kursus gratis berkualitas tinggi, layanan pendidikan, dan beragam komunitas. Sumber daya mereka dirancang untuk siapa saja yang sedang mencari pekerjaan, promosi, penempatan kampus atau memulai bisnis.

Tersedia pilihan dari berbagai mata pelajaran, Anda dapat memilih dari lebih dari 1,000 kursus gratis yang dirancang untuk memberi Anda sertifikat dan pendidikan tingkat diploma. Anda juga akan diminta untuk mengambil penilaian dan skor minimal 80% untuk lulus, sehingga Anda tahu Anda akan memiliki keterampilan untuk maju.

09 OpenLearn

OpenLearn dirancang untuk memberi pengguna akses gratis ke materi pendidikan dari The Open University, yang awalnya diluncurkan pada tahun 90-an sebagai cara untuk menawarkan pembelajaran online dalam kolaborasi dengan BBC.

Hari ini, OpenLearn menawarkan konten berdasarkan tema-tema tertentu dan interaktif dalam berbagai format konten, termasuk kursus. Anda dapat menyaring kursus ini berdasarkan aktivitas, format (audio atau video), subjek, dan opsi lainnya. Semua kursus tertera dengan berbagai level mulai dari introductory, intermediate, dan sebagainya. OpenLearn juga memberi Anda gambaran tentang apa yang akan Anda pelajari dan berapa lama waktu belajar yang diperlukan

10 FutureLearn

Seperti OpenLearn, FutureLearn adalah bagian dari Universitas Terbuka yang menawarkan program studi dari lembaga pendidikan terkemuka. Kursus disampaikan selangkah demi selangkah dan dapat dipelajari dengan kecepatan belajar Anda sendiri.

Salah satu manfaat nyata FutureLearn adalah komitmennya untuk pembelajaran sosial, memberikan siswa kesempatan untuk terlibat dalam diskusi dengan orang lain di seluruh kursus.

oleh Elise Moreau
https://www.lifewire.com/educational-websites-for-taking-online-courses-4072166

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat