Meningkatkan Vocabulary dari Wikipedia

Oleh : Varian

Saya mengenal Bahasa Inggris semenjak saya masih balita. Ibu saya memperkenalkan saya kepada Bahasa Inggris melalui ensiklopedia dan buku – buku bergambar dalam bahasa Inggris. Saya juga diperdengarkan lagu – lagu anak berbahasa Inggris. Tetapi pada saat itu, saya belum terlalu menyukai atau tertarik kepada Bahasa Inggris. Pada kelas 1 SD, saya diikutkan kursus Bahasa Inggris oleh kedua orang tua saya. Tempat kursusnya di dekat sekolah, sehingga mudah untuk dijangkau. Entah bagaimana caranya, teman – teman sekelas saya di tempat kursus selalu merupakan kakak kelas yang berada satu atau dua tingkat di atas saya. Saya tidak terlalu peduli mengenai senioritas, karena saya bisa bersaing dengan mereka.

Hal ini terus berlangsung sampai saya lulus EF English First pada tahun 2014 pada kelas 1 SMA, menyelesaikan program Real English dengan level Upper Advanced, di saat teman – teman saya belum lulus atau bahkan sudah keluar dari program tersebut.

Mengenai nilai TOEFL saya yang cukup tinggi, saya sebenarnya tidak memiliki strategi khusus dalam mempelajarinya, hanya saja saya menitikberatkan pada kemampuan Vocabulary dan Structure, yang menurut saya sangat penting dalam mengerjakan soal – soal TOEFL. Saya baru mulai mempelajari persiapan untuk TOEFL pada kelas 3 SMP, dan pada akhir tahun ajaran saat pengumuman kelulusan saya sempat terkejut karena dipanggil maju ke atas panggung akibat nilai TOEFL saya yang sudah di atas 600, kira – kira 605. Saya tidak mengatakan bahwa beberapa bagian dari TOEFL tidak sepenting yang lain, tetap harus dipelajari pula, tetapi bagi saya, Vocabulary yang luas dan kemampuan menstrukturisasi kalimat dengan baik berhasil untuk membuat nilai TOEFL saya menjadi sangat baik.

Beberapa tips bagi saya untuk mempelajari Bahasa Inggris, yaitu :

  1. Banyak membaca artikel wikipedia, karena bisa membantu peningkatan vocabulary dan kata -kata ilmiah.

  2. Mendengarkan/menonton lagu dan acara televisi/film/video yang berbahasa Inggris, bila tidak/ belum mengerti, silakan menyalakan subtitle/ caption, tetapi dalam bahasa Inggris pula.

Menurut saya, bahasa Inggris sangat penting bagi kehidupan manusia, karena selain merupakan bahasa internasional, juga merupakan bahasa ekonomi dan kemanusiaan. Sebagai salah satu bahasa yang dimengerti oleh hampir seluruh umat manusia, bahasa Inggris mengandung kata kata serapan dari bahasa lain, yang menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa Bumi.

Bahasa Inggris telah berperan banyak bagi hidup saya. Saya baru menyadari itu saat saya memasuki bangku SMP, ketika saya tengah gencar – gencarnya mengikuti kursus bahasa Inggris. Saya sadar bahwa Bahasa Inggris bisa mengubah hidup saya menjadi lebih baik, dan sangat fleksibel. Bahasa Inggris bisa mendatangkan kemudahan bagi saya, dalam berbagai aspek kehidupan, seperti bergaul, bertransaksi, edukasi, dan lain – lain.

Terakhir, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada BEC yang sudah memberi saya kesempatan untuk memanfaatkan kemampuan berbahasa Inggris saya dan menghasilkan manfaat bagi orang banyak. Selain saya kembali mempelajari bahasa Inggris secara mendalam, saya juga bisa membantu orang lain agar kemampuan bahasa Inggris mereka bisa meningkat dan membawa manfaat bagi hidup mereka. Juga saya bisa bertemu orang – orang baru dan menjalin relasi yang baik dengan mereka. Meskipun saya belum pernah mengajar, tapi saya sering diajar, dan saya akan menerapkan sistem pengajaran yang diajarkan kepada saya kepada murid – murid saya kelak. Sekian yang bisa saya sampaikan, terima kasih atas perhatian anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *