Long Life Learning

Oleh : Erlin

Pada awalnya , saya menganggap Bahasa Inggris bukan suatu kebutuhan. Saya belajar Bahasa Inggris sejak saya di bangku SMP. Setelah itu berlanjut ke bangku SMA hanya ketika saya mengenyam pendidikan formal. Ketika kuliah saya mendapati bahwa semua buku text yang saya dapat adalah buku yang disampaikan dalam Bahasa Inggris. Saya mengalami kesulitan untuk memahami pelajaran salah satunya karena masalah bahasa. Saat itu, menjadi titik balik bagi saya untuk melihat Bahasa Inggris sebagai satu subjek yang sangat penting.

Saya serius menekuni Bahasa Inggris pada awalnya untuk kebutuhan administrasi kuliah atau pekerjaan. Saya belajar melalui buku, mendengarkan percakapan dalam film. Tapi menurut saya, kemampuan  Bahasa  Inggris saya meningkat pesat ketika saya terpaksa aktif menggunakan nya dalam berkomunikasi dan menulis di perusahaan asing tempat saya bekerja di awal awal karir bekerja saya.

Dari pengalaman saya melihat, bahwa belajar Bahasa Inggris itu penting bagi kita dan membantu prestasi dalam pendidikan dan pekerjaan. Belajar Bahasa Inggris mempermudah saya mendapatkan beasiswa ke Jepang dan juga memberikan alat bagi saya untuk mendapatkan pekerjaan di Jepang, sebagai guru Bahasa Inggris.

Source : Chris Lewis

Saat ini, dimana semua orang dari berbagai bidang bisa saling terkoneksi, tidak dapat dicegah bahwa Bahasa Inggris menjadi sangat diperlukan sebagai Bahasa wajib dalam berkomunikasi. Bahasa pemersatu lintas budaya dan adat istiadat yang berbeda.

Sudah banyak diketahui bahwa percaya diri dalam berbahasa Inggris adalah hal yang sudah menjadi tuntutan di dunia kerja dan pendidikan. Bagaimana kepercayaan diri itu dapat dipupuk menjadi kewajiban kita juga untuk mencari tahu, karena masing masing orang mempunyai pendekatan yang berbeda dalam belajar dan keterbatasan  waktu atau kesempatan.

Belajar Bahasa menggunakan media komunikasi WhatsApp, dan sKype  sebenarnya menjadi solusi tepat terutama untuk mereka yang mempunyai keterbatasan waktu dan membutuhkan fleksibilitas tinggi.

Satu hal yang harus dipegang ketika belajar bahasa adalah jangan mudah menyerah dan berhenti. Sampai detik ini saya masih berusaha memperbaiki kemampuan Bahasa Inggris saya. Dengan mengajar juga sebenarnya saya sedang berproses dalam meningkatkan keahlian saya berkomunikasi dalam Bahasa Inggris.